Home » Kliping Berita » Cegah Joki Saat Tes Panwascam, Bawaslu Manado Lakukan ini

Cegah Joki Saat Tes Panwascam, Bawaslu Manado Lakukan ini

Bawaslu Manado | Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Manado, Sulawesi Utara, Rabu (27/11) hari ini, resmi membuka pendaftaran Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan (Panwascam), yang akan bertugas untuk Pemilihan Kepala Daerah serentak, 2020 mendatang.

Untuk perekrutan kali ini, Bawaslu menerapkan sistem ujian tertulis berbasis sistem sokratif, sebuah sistem yang mirip dengan CAT. Dengan demikian, hasil tes tertulis akan langsung dipublikasikan karena dilaksanakan secara online dan transparan.
“Tes serentak secara online di seluruh Indonesia dan dibuka langsung dari Bawaslu RI Jakarta, pada 13-17 Desember mendatang. Ada 150 soal yang harus diselesaikan dalam waktu 90 menit, yang dibuat di 34 provinsi, dimana nilainya langsung dari pusat. Jadi, nilai wawancara dan tertulis akan diakumulasi, dan tiga nilai tertinggi dilantik oleh Bawaslu,” tutur pimpinan Bawaslu Kota Manado, Heard Runtuwene.
Sementara, untuk mencegah adanya praktek joki pada pelaksanaan ujian Sokratif tersebut, Bawaslu Manado memiliki cara yang akan digunakan untuk mencegah terjadinya hal tersebut. Pimpinan Bawaslu, Taufik Bilfaqih menyebutkan salah satu caranya adalah dengan menggelar ujian di satu lokasi yang bisa dipantau secara langsung.

“Rencananya dilaksanakan di gedung SMA Negeri 1 Manado,” tutur Bilfaqih.
Lanjut menurutnya, para peserta sebelum memasuki ruangan ujian, juga akan kembali diteliti, apakah benar-benar calon Panwascam yang memasukan berkas, ataukah Joki yang digunakan.
“Nanti akan ada mekanisme pemeriksaan ulang kartu pengenal,” katanya.
Namun demikian, Bilfaqih bilang, dirinya yakin praktek joki justru merugikan, karena untuk soal yang dibuat, langsung dari Bawaslu RI dan baru akan dibuka pada saat ujian dimulai, sehingga kerahasiaan tetap terjaga.
“Jadi, saat pembukaan itu, soal yang akan diteskan baru akan dibuka. Itupun soalnya ada di komputer yang memiliki password tersendiri. Jadi, saya imbau agar tidak lagi perlu pakai joki karena rugi,” tutur Bilfaqih kembali.

artikel ini telah tayang di Kumparan.com dengan judul Bawaslu Manado Lakukan ini, Cegah Joki Saat Tes Panwascam

About Bawaslu Manado

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *