Home » Kliping Berita » Pemkot Manado Bakal Tanda Tangani NPHD, Apakah 17 Miliar atau 10 Miliar Anggaran Pilkada 2020 ?

Pemkot Manado Bakal Tanda Tangani NPHD, Apakah 17 Miliar atau 10 Miliar Anggaran Pilkada 2020 ?

Bawaslu Manado | Jika tidak ada aral melintang, Selasa (15/10/2019) pemerintah Kota Manado bakal melakukan penandatanganan Naskah perjanjian hibah Daerah (NPHD) anggaran Pilkada 2020 dengan Komisi pemilihan umum (KPU) Manado.

‎Hal ini menurut Bawaslu Manado selaku penyelenggara Pilkada pemilihan Wali Kota dan wakil wali Kota Manado, bersama KPU sebagai titik terang.

“Tapi kami Bawaslu masih mengalami kebuntuan. Sebab, angka yang disodorkan pemkot hanya Rp 10 miliar dan kemungkinan akan dijadikan menjadi Rp 13 miliar bagi saya ini harus di tolak,” tegas Taufik Bilfaqih Koordinator Divisi (Kordiv) Pengawasan, Humas dan hubungan antar melalui pesan resmi di whatapp (WA), Selasa (15/10/2019).

Dikonfirmasi lebih lanjut kata Taufik, terkait anggaran Pilkada yang disodorkan Bawaslu ke Pemkot Bitung yakni Rp 17 miliar atau Rp 16.5 miliar bukan lagi soal cukup, efektif maupun rasional belaka melainkan jumlah Rp 10 miliar atau Rp 13 miliar tidak menunjang apa yang akan dicita-citakan dalam program pencegahan dan pengawasan di Pilkada pemilihan Walikota dan wakil walikota Manado September 2020 nanti.

Lanjut Taufik, ada perbedaan signifikan antara Kota Manado dengan kabupaten kota lainnya, yang justru bukan ibu kota Provinsi terkait jumlah kecamatan, kelurahan, daftar pemilih tetap (DPT) dan tempat pemungutan suara (TPS) jumlahnya dibawah Manado.

Daerah tersebut malah mendapatkan anggaran lebih banyak dari Manado. Ini merupakan sedikit gambaran betapa kewibaan ibu Kota Provinsi dan Bawaslunya yang tidak solid serta berkesan lemah.

“Atas dasar itulah saya selaku anggota Bawaslu Kota Manado, tetap menolak angka atau anggara hibah untuk Pilkada ke Bawaslu dibawah yang diajukan yaitu Rp 17 miliar atau Rp 16.5 miliar. Jika atas nama Bawaslu Manado melakukan tanda tangan NPHD itu ilegal,” tandasnya.

Pemerintah Kota Manado melalui asisten 1 setda Kota Manado Heri Saptono, ketika di konfirmasi melalui WA hingga berita ini di turunkan belum memberikan keterangan.

Artikel ini telah tayang di Tribun Manado

About Bawaslu Manado

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *