Home » Pernyataan » Peristiwa Pengibaran Bendera Lain Saat Kampanye Prabowo, Bawaslu; Sudah Ditindak

Peristiwa Pengibaran Bendera Lain Saat Kampanye Prabowo, Bawaslu; Sudah Ditindak

Bawaslu Manado | Beredarnya isu pengibaran bendera ormas terlarang pada kampanye Prabowo di Manado beberapa waktu lalu, sempat menjadi pembahasan serius di Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Manado bersama kepolisian dan jaksa yang tergabung dalam sentra penegakan hukum terpadu (gakumdu).

Masalah ini menjadi pusat perhatian, mengingat viral di medsos dan perbincangan publik.

Bendera yang dimaksud disinyalir milik ormas HTI yang saat ini terlarang di Indonesia.

Meski demikian, Bawaslu Manado tidak terjebak pada poin atribut tersebut milik siapa dan berorientasi apa. Sisi utama yang difokuskan pengawas pemilu adalah, tidak dibenarkan membawa atribut selain milik peserta pemilu yang berkampanye.

Ini poin Bawaslu Manado terkait masalah tersebut;

1. Petugas pengawas telah melakukan pencegahan, pengawasan dan penindakan langsung ketika bendera itu dikibarkan.

2. Dengan penindakan tersebut, maka dalam laporan hasil pengawasan, pengawas menyebut pelanggaran itu sudah ditindak meski menjadi catatan khusus bagi kegiatan kampanye Prabowo.

3. Terkait pengibaran bendera itu yang dianggap merupakan tindakan provokasi dari ormas terlarang, maka hal itu adalah ranah aparat kepolisian. Domain Bawaslu hanya pada pelanggaran pemilu.

4. Hingga saat ini, aparat masih terus menelusuri motif dari pengibaran bendera itu. Bahkan pembawa atribut itu saat ini sedang dikroscek

5. Bawaslu Manado terus berkoordinasi dengan aparat kepolisian untuk membahas setiap masalah yang berpotensi pidana pemilu.

Dengan 5 poin ini, diharapkan menjadi informasi penting dan dapat menjawab pertanyaan publik atas sikap dan tindakan pengawas pemilu.

Yang perlu diketahui pula, akan berbeda ketika peringatan pengawas yang bertugas tidak direspon oleh pengibar. Dengan kata lain, teguran pengawas tidak digubris dan bendera itu terus berkibar, maka Bawaslu menjadikan laporan hasil pengawasannya sebagai temuan pelanggaran pemilu yang harus diproses lebih jauh. Meski demikian, Bawaslu mendukung aparat untuk mengusut adanya potensi ormas terlarang yang eksis di Bumi Nyiur Melambai.

#SalamAwas

#DivisiPengawasan

About Bawaslu Manado

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *