Home » Berita » ASTAGA, Surat Bawaslu Manado Belum Disikapi Pihak Berwenang !

ASTAGA, Surat Bawaslu Manado Belum Disikapi Pihak Berwenang !


BAWASLU MANADO, Hingga saat ini, branding kampanye kendaraan atau sering disebut one-way, masih marak dan belum ditertibkan. Padahal, Bawaslu Manado sebelumnya telah merilis dan menghimbau kepada publik untuk tidak memasang atribut kampanye di kendaraan. (cek beritanya di Bawaslu Manado Himbau One Way Kampanye Dicopot).

Selain mempublikasi temuan pelanggaran one-way tersebut, Bawaslu Manado pun telah berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan dan Polresta Manado. “Selain Kami surati, Kami pun melakukan pertemuan langsung dengan Kepala Dinas Perhubungan dan Kapolresta Manado. Ini artinya Bawaslu telah menyerahkan kepada pihak berwenang untuk melakukan pencopotan” Tegas Taufik Bilfaqih, Anggota Bawaslu Kota Manado.
Taufik Bilfaqih, Koordiv. Pengawasan, Humas, Hubla Bawaslu Manado
Berbeda dengan Alat Peraga Kampanye (APK), seperti Baliho, Spanduk dan Umbul-umbul, jika ditemukan melanggar aturan, Bawaslu memiliki wewenang untuk melakukan penertiban. Sementara terkait oneway, masih menurut Bilfaqih, Bawaslu tidak memiliki kapasitas untuk menertibkan. “Benar, tidak ada aturan tertulis untuk Kami menertibkan. Itu wewenang pihak terkait.” tambah Koordiv. Pengawasan tersebut.

Dalam PKPU dan Perbawaslu, branding kendaraan dapat dipasang selama hanya memuat logo peserta pemilu. Maka, jika nomor urut, wajah kandidat, visi misi dan identitas kampanye lainnya terpajang, pastinya sangat jelas tidak dibenarkan. “Apalagi kendaraan angkutan umum. Itu harus dicopot one-waynya. Hingga kini, Kami menemukan ada 177 pelanggaran terkait branding kampanye pada kendaraan”. tutup Taufik.

Meski demikian, Bawaslu akan kembali melakukan komunikasi lagi kepada Satpol PP, Dinas Perhubungan dan Polantas untuk mencopot oneway kampanye pada kendaraan. Kemungkinan, akan ada sweeping khusus untuk penertiban tersebut. 

About Bawaslu Manado

One comment

  1. Perlu ketegasan soal regulasi,agar Pemilu 2019 berwibawa